Bercengkerama dengan Koleksi Satwa di Taman Satwa Taru Jurug

336 views

Koleksi Satwa di Taman Satwa Taru JurugKeberadaan kota Solo sebagai kota ikon wisata semakin tak terbantahkan dengan hadirnya salah satu tempat wisata terbesar di kota ini yaitu Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). TSTJ sendiri sekaligus melengkapi sejumlah tempat wisata lain di Solo baik obyek wisata alam, atau berbagai peninggalan sejarah seperti museum Keraton Surakarta dan tempat-tempat lainnya. Taman Satwa taru Jurug sendiri juga disebut Kebun Binatang Jurug sebab didalamnya terdapat berbagai jenis satwa liar yang yang hingga kini tetap terjaga kelestariannya.

Taman Satwa taru Jurug letaknya cukup strategis sebab dapat dengan mudah diakses dari pusat kota Solo sendiri ataupun kota lain disekitarnya seperti Sragen, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. Dulunya Kebun Binatang Solo atau yang sekarang bernama Taman Satwa Taru Jurug ini berada di Taman Sriwedari tepat di jantung kota Solo. Karena alasan tata kota yang lebih rapi Taman Sriwedari berubah nama menjadi Taman Hiburan rakyat (THR) sementara Kebun Binatang Jurug berlokasi tepat dipinggir jalan utama, yaitu jalan yang menghubungkan Solo dan Karanganyar serta bersebelahan dengan Sungai Bengawan Solo. Jadi siapapun yang melewati jalan arah Solo – Karanganyar atau sebaliknya bisa langsung singgah di TSTJ tanpa harus ada perjalanan tambahan lagi.

Koleksi Satwa paling Lengkap

Taman Satwa Taru Jurug mempunyai koleksi satwa paling lengkap sehingga cocok bagi orang tua yang ingin mengenalkan berbagai jenis satwa pada anak. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang didominasi oleh orang tua dan anak-anak, meskipun banyak juga pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu liburan di TSTJ ini. Intinya TSTJ merupakan tempat wisata favorit keluarga bagi masyarakat kota Solo dimana ditempat ini kita bisa berinteraksi langsung dengan aneka satwa seperti Merak Hijau, Komodo, Buaya, Kera, Kuda, macan Tutul, Gajah, Kijang, Harimau Sumatera, dan ribuan satwa lainnya. Keberadaan ribuan satwa tersebut tampak sempurna dibawah lindungan berbagai pepohonan seperti Pinus, Akasia, Cemara, Trembesi, dan masih banyak lagi jenis pepohonan besar lainnya.

Fasilitas

Sebagai salah satu ikon wisata di Solo, Taman Satwa Taru Jurug menyediakan fasilitas lengkap terkait kebutuhan dan kenyamanan para pengunjung. Di TSTJ tersedia fasilitas seperti masjid, area khusus bermain untuk anak, menunggang gajah, juga kereta mini untuk memudahkan pengunjung mengelilingi TSTJ. Di waktu-waktu khusus para pengunjung juga bisa menikmati atraksi Jaran Dor (reog) atau semacam pertunjukan debus. Selain mengoleksi ribuan satwa, TSTJ sekaligus dijadikan Taman Budaya Surakarta dimana terdapat sejumlah benda bersejarah didalamnya. Di TSTJ juga terdapat patung Gesang, sang maestro legendaris pencipta lagu Bengawan Solo, konon sang maestro mendapatkan inspirasi lagu Benagawan Solo dari Taman Satwa Taru Jurug ini. Khusus untuk hari minggu atau hari libur nasional kita bisa menikmati sajian lagu-lagu keroncong khas Jawa yang terdengar sangat menenangkan.

Tags: #Taman Satwa Taru Jurug