Sekilas Tentang Kota Solo Jawa Tengah

225 views
Sekilas Tentang Kota Solo

Sekilas Tentang Kota Solo – Img by Hipwee

Sekilas tentang kota Solo Jawa Tengah.Bagi masyarakat Indonesia terutama para traveler tentu sangat familiar dengan kota Solo. Banyak hal menarik tentang kota Solo yang menjadikan mereka yang suka berwisata selalu ingin kembali datang ke kota yang terkenal dengan batik dan keraton Surakarta-nya ini. Solo atau Surakarta memang menghadirkan suasana berbeda. Lalu lalang kendaraan yang merayap tentu tidak menimbulkan kejenuhan bagi pengendara sebab di kanan kiri jalan terdapat bangunan-bangunan yang sebagian masih mengandung unsur sejarah. Belum lagi jika malam hari suasana bertambah semarak dengan warung tenda dadakan atau warung lesehan di bawah gemerlap lampu. Sajian menu makanan dan minuman tentunya dapat dengan mudah kita temui seperti wedang ronde, timlo, tengkleng, dan aneka sajian kuliner lainnya.

Adakah hal yang lebih menarik lagi di Solo?

Pusat Seni dan Budaya
Bicara tentang kota Solo rasanya kurang afdol jika tidak menyinggung sola seni dan budaya. Hal ini tentu saja karena Solo adalah pusat seni dan budaya Jawa sekaligus aset budaya terbesar di Indonesia. Salah satu karya seni dan budaya paling terkenal di Solo adalah batik. Tidak hanya produk baju yang identik dengan motif batik namun berbagai produk lain seperti sandal, tas, topi, semuanya tak lepas dari nuansa batik. Bahkan sebagai salah satu kota batik terbesar selain Pekalongan, Solo patut berbangga sebab batik sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Maka tak heran jika setiap tahun diselenggarakan event berskala internasional yaitu Solo Batik Carnival (SBC).

Wisata Belanja Pasar Klewer
Bagi traveler yang suka berbelanja, di Solo terdapat pusat pasar tradisonal yaitu Pasar Klewer. Di tempat ini para pengunjung bisa memuaskan diri dengan berbelanja aneka tekstil. Tidak perlu khawatir dengan kelengkapan tekstilnya karena Pasar Klewer termasuk salah satu pasar tekstil terbesar di Jawa. Tidak lupa di pasar ini pengunjung juga bisa mendapatkan aneka jenis batik dengan berbagai corak dan warna. Selain Pasar Klewer, di Solo ada juga Pasar Gede. Pasar Gede juga termasuk pasar tradisional dimana didalamnya pengunjung dapat berbelanja aneka kebutuhan rumah tangga hingga berbagai macam oleh-oleh khas Solo.

Tempat Wisata
Satu hal yang menarik tentang kota Solo adalah wisata alam-nya yang terkenal indah. Dengan kata lain jika berkunjung ke kota Solo ada sejumlah tujuan wisata yang sayang jika dilewatkan. Adapun pilihan wisata alam di Solo yang wajib dikunjungi adalah: Taman Satwa Taru Jurug (kebun binatang), Taman Wisata Tawangmangu yaitu daerah pegunungan yang terkenal dengan air terjunnya, atau bisa juga sekedar jalan-jalan di area Waduk Gajahmungkur. Beberapa tempat tersebut hanya sebagian kecil diantara sekian banyak obyek wisata di Solo. Jadi agar lebih puas sebaiknya kita kita tidak hanya mencari informasi, namun datang langsung ke kota yang berjuluk kota Bengawan ini.