Sekelumit Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

362 views

Sekelumit Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)Sebagai salah satu univeritas termuda di indonesia, UNS atau Universitas Sebelas Maret Surakarta banyak melahirkan insan-insan berprestasi yang kemudian mengabdikan diri ke masyarakat dan instansi pemerintahan. Karena banyaknya torehan prestasi tersebut cukup beralasan jika UNS memantapkan posisi sebagai salah satu dari 10 universitas terbaik di Indonesia. Layaknya Perguruan Tinggi Negeri lainnya, UNS yang hingga kini masih giat membangun menyediakan sejumlah paket pendidikan meliputi Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan juga Doktoral.

Universitas Sebelasa Maret Surakarta (UNS) berdiri sejak tahun 1976 atau tepatnya 11 Maret 1976. UNS sendiri sebenarnya adalah gabungan 5 perguruan tinggi yang sama-sama berada di Surakarta. Ke-5 perguruan tinggi tersebut adalah:

  1. Sekolah Menengah Olahraga Surakarta
  2. Akademi Administrasi Bisnis Surakarta
  3. Universitas Gabungan Surakarta (termasuk didalamnya Universitas Islam Indonesia Surakarta)
  4. Fakultas Obat-obatan Departemen Pertahanan dan Keamanan Pengembangan Pendidikan Tinggi Nasional Surakarta
  5. Institut Pelatihan dan Pendidikan Guru Surakarta

Tujuan dari penggabungan 5 universitas tersebut untuk meingkatkan proses pendidikan yang lebih berkualitas di Surakarta. Setelah 5 tahun berselang, pada tahun 1980 proses perkembangan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta mulai terlihat, ditandai dengan beberapa pembangunan secara fisik. Kala itu melalui tangan dingin Dr. Prakosa, sejumlah kampus yang terletak ditempat berbeda mulai disatukan di satu lokasi. Lokasi yang dipilih adalah area strategis di pinggiran Sungai Bengawan Solo, tepatnya di daerah Kenthingan dengan cakupan area seluas 60 hektar. Pada tahun 1985 pembanguna kampus tahap satu berakhir.

Semangat dan Komitmen Perubahan

Pembanguan kampus yang dinilai cukup cepat ditindaklanjuti dengan perkembangan di sektor lain. Hal ini ditandai dengan peletakan dasar-dasar percepatan pertumbuhan di bawah kepemimipnan Prof. Dr. Koento Wibisono selaku rektor yang menggantikan Dr. Prakosa. Dimulai pada tahun 1986 perubahan besar-besaran terjadi dimana bidang akademik, jumlah staf, dan penguatan infrastruktur kampus berkembang cukup signifikan. Berikutnya, setelah rektor dijabat oleh Prof. Haris MUdjiman,PH.D percepatan pembanguan UNS disemua sektor melaju kearah yang lebih baik lagi. Pendek kata, efek dari komitemen perkembangan dan perubahan tersebut cukup mengesankan karena memang waktu itu segala bentuk perubahan sangat dibutuhkan untuk kemajuan UNS dari segala sisi.

Saat ini Universitas Sebelas Maret Surakarta termasuk universitas yang memiliki perkembangan luar biasa dari semua sektor. Intinya sejumlah kemajuan terjadi di semua fakultas serta unit-unit kerja lainnya. Misalnya Fakultas Kedokteran mampu melahirkan dokter bedah kulit yang memiliki reputasi nasional, Fakultas Pertanian yang berhasil menemukan Starbio dan padi tahan garam, ataupun fakultas-fakultas lain yang melahirkan insan berprestasi dengan reputasi tak kalah mentereng. Seiiring semakin tumbuhnya universitas ini, UNS juga selangkah lebih maju khususnya dalam perkembangan teknologi informasi. Dengan torehan prestasi yang diukir sejak hampir 40 tahun silam, UNS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang direkomendasikan untuk menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.

Tags: #UNS Solo